Senin, 19 Januari 2009

Tema Riset dan Tugas Akhir

Untuk menjalin kerjasama, saling berbagi pengetahuan dan membantu para mahasiswa yang tertarik pada studi stabilitas sistem tenaga dalam memilih tema Tugas akhir (Skripsi).

Dibawah ini saya daftar beberapa tema riset yang mungkin berguna bagi mahasiswa Teknik Elektro:

1. Aplikasi kendali berbasis Genetic Algorithm- Logika Fuzzy

  • Power System Stabilizer (PSS) pada sistem tenaga Single Machine Infinite Bus(SMIB)
  • Gabungan PSS-FACTS device
  • Stabilitas sistem tenaga Hybrid Wind-Diesel
  • Stabilitas sistem tenaga Hybrid Wind-Diesel-Microhydro
  • Stabilitas sistem tenaga Hybrid Wind-Diesel-fuel cell-Batteray
  • Aplikasi Superconducting Magnetic Energy Storage (SMES) pada single machine infinite bus
  • Aplikasi Superconducting Magnetic Energy Storage (SMES) pada Microgrid
  • dll

2. Aplikasi teori Robust control pada power system dan microgrid.

  • Aplikasi H-infinite loop shaping pada semua sistem point 1
  • Aplikasi Inverse additive uncertainty pada semua sistem point 1
  • Aplikasi Multiplicative system uncertainty pada semua sistem point 1

3. Kendali berbasis gabungan Genetic Algorithm - Robust control (point 2).
4. Kendali berbasis gabungan Particle Swarm Optimisation (PSO)-Robust control (point2 ).

Jika ada yang tertarik silahkan hubungi saya.
Bagi para pengajar atau peneliti yang memiliki bidang yang sama /berkaitan dan tertarik untuk menulis publikasi bersama, saya sangat senang untuk kolaborasi.

Semoga Bermanfaat

Cuk Supriyadi Ali Nandar
cuk_supriyadi@yahoo.co.id
http://cuksupriyadi.blogspot.com
Staff BPPT RI

9 komentar:

  1. saya mahasiswa S1 teknik elektro ITS pak. salam kenal..
    kebetulan saya riset di optimasi pembangkitan dengan genetic algorithm..

    BalasHapus
  2. salam kenal pak, saya mahasiswa elektro s2 UNHAS lagi mau riset tentang "aplikasi SMES pada Microgrid". apa bapak punya paper tentang tema tersebut. thanks...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas komentarnya dan saya minta maaf karena lama tidak update blog.
    Mas mahasiswa SI ITS, semoga sukses dan lancar risetnya.
    Pak Sofyan,saya ada beberapa paper tentang aplikasi SMES pada microgrid.
    kebetulan saya pernah kirim beberapa makalah tema tersebut di seminar dan Jurnal.
    kalau tertarik, silahkan hubungi lewat japri

    terima kasih

    Cuk

    BalasHapus
  4. Slamat pagi pak sofyan.. saya deden mahasiswa SI dept. Teknik Mesin dan Biosistem IPB.. salah satu fokus kami di sini sama energi terbarukan.. saya suka ide bpak.. sya cuma mhasiswa tningkat 2 yang ingin terus bljr.. utamanya dlm bidang energi terbarukan,, mohon bantuannya.. apa bpk punya informasi tentang energi terbarukan yang update dan bisa dikembangkan?? semoga bisa akan di temukan energi banyak lagi energi terbarukan di masa depan untuk bumi kita tercinta..

    by. gen.gm.deden@gmail.com

    BalasHapus
  5. Salam kenal pak Supriyadi,

    Nama saya Paul Bustani.
    Saya tertarik untuk konversi mesin diesel menjadi mesin yg menggunakan syngas hasil gasification dari serbuk gergaji.

    apakah pak Supriyadi dapat membantu saya untung menghubungi teknisi lokal yg dapat mengkonversi mesin2 berbahan bakar solar ke gas? atau penjual mesin gasification di Indonesia.

    Saya berdomoisili di Samarinda, Kalimantan Timur.

    Terima kasih,
    Paul

    PS: blog anda bagus sekali :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih mas Deden dan pak paul atas tanggapannya. untuk pak Deden, energi terbarukan yang update sepengatahuan saya adalah cara meningkatkan efisiensi, menurunkan harga, juga reliability-nya..karena masih banyak hal/kekurangan yang perlu diperbaiki untuk RE yg ada.
    Pak Paul, bisa buka website B2TE Bppt pak, semoga bisa membantu masalah bapak. terima kasih

    BalasHapus
  7. Salam kenal pak Cuk Supriyadi,

    Nama saya Sari mahasisawa S2 Teknik Elektro UNAND.Apa Bapak punya kumpulan paper tentang pembangkit listrik tersebar dan energi terbarukan.kebetulan saya ingin riset thesis tentang topik tersebut.

    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Salam Kenal kembali mbak/Ibu Sari, Kalau perlu paper silahkan hubungi via Japri, Paper masalah apa yang sedang dijadikan bahan riset thesis (Operasi, Stabilitas dll).
    Insya Alloh akan saya bantu carikan paper semampu saya.

    Salam sukses

    BalasHapus